Kue Talam Suji Pandan

Coba membuat ekstrak daun pandan dan suji 3 hari yang lalu, rencananya sih mau tak pakai buat mewarnai cendol …eh pas dicek di hari ke 2 ternyata belum jadi. Warnanya masih full hijau semua, baru kemarin sore saya cek lagi di kulkas warna hijaunya sudah mengendap di dasar gelas ( saya nyimpennya di gelas karena tidak punya botol kecil), memisah dari warna bening di permukaan.

Daripada mubazir kebuang sia sia, ini si ekstrak daun suji akhirnya saya aplikasikan saja sebagai pewarna kue talam. Karena saya cuman ambil 4 sendoh teh saja jadi warna hijaunya kurang keluar jreng ayunya, hijau muda yang “lamat lamat” ini mah…tapi tak apalah yang penting rasanya sudah enak. Sedikit menghibur diri!😃

BAHAN LAPISAN HIJAU:

  • 120 gr tepung beras
  • 400 ml santan kental
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Ekstrak daun pandan & suji secukupnya

BAHAN LAPISAN PUTIH:

  • 100 gr tepung beras
  • 400 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam

CARA:

  • Campur bahan lapisan hijau,aduk rata. Di wadah lain campur juga lapisan putih
  • Panaskan kukusan sampai air bergolak, masukkan adonan warna hijau ke loyang yang sudah dilapisi margarine atau minyak sayur. Kukus selama 20 menit dengan api kecil.
  • Timpa lapisan hijau dengan adonan putih/ rasa gurih , kukus lagi 30 menit. Angkat dinginkan siap potong potong

Tutup kukusan di alasi serbet bersih ya supaya uap panas tidak menetes ke adonan

Bakso Homemade Sapi Mixed Ayam

Request dari Bulik ini, beliau pesan dibikinin bakso tapi yang beda tekstur dari yang kemarin kemarin. Dan mintanya bakso isi sambel pedas alias bakso jumbo mercon. Walaupun saya belum pernah bikin yang versi jumbo , tetap tak iyakan saja oke baeklah cuss..sekalian buat trial saya,, toh bahan bahannya dari beliau…

Bakso ini campuran antara daging sapi dan daging ayam, 500 gr daging sapi dan 500 gr sisanya daging ayam. Requestnya, yang rasa mericanya nendang dan asiiin…haha…so saya pakai merica butiran yang agak banyak..karena biasanya saya cuma pakai merica bubuk itu…dan untuk ukuran garam saya tambahin 1/2 sendok teh per resepnya.

Resep masih sama dengan resep bakso sapi yang saya save di blog ini kemarin, cuma beda dipemakaian telur..yang kemarin putih telur saja yang dipakai. Untuk resep bakso mixed ini saya gunakan telur utuhan ya putih telurnya ya kuning telurnya…semua kepakai.

Dan hasilnya.. eng ing eng…untuk rasa dan tekstur wes top markotop ini..nampol kerasa mericanya..pas asin dan gurihya..tekstur empuk tapi tetap kenyal. Meskipun untuk bentuk bulatan bakso merconnya masih acakadut…bukan bulat tapi jadi bakso gepeng ini mah…yowes ndak apa apa..yang penting rasanya sudah uenaaak…kata Denok Firda sih sudah mantul haha…pas dia nyicip semangkok bakso kuah saya..bakso kuah minimalis dengan bahan yang seadanya di dapur..orang sebenarnya saya tidak niat bikin bakso berkuah..cuma bikin pentol baksonya saja…tapi ada yang request minta sekalian dibikinin bakso berkuah pas rampung ngerjain pentol baksonya…yowes manut saya..😀